Create your own banner at mybannermaker.com!

Search...

Mulailah Pembukuan Bisnis Anda Sekarang Juga

Tujuan akhir dari di buatnya sebuah perusahaan adalah Profit (Laba). Profit sendiri sebenarnya merupakan selisih positif dari Pendapatan dikurangi Biaya. Profit inilah yang mendorong seorang Business Owner (Pemilik) mempertahankan Perusahaannya. Sangat tidak di terima oleh akal sehat, apabila ada seorang Pemilik yang tidak peduli apakah perusahaannya meraih Laba (Profit) atau Rugi (Loss).

Seorang Pemilik secara alami akan mengupayakan segala kemampuannya agar perusahaan senantiasa meraih Profit. Dan seorang Pemilik sudah seharusnya memiliki kepedulian terhadap hal-hal yang berpengaruh kepada tujuan akhir perusahaan tersebut.

Namun, seringkali dalam prakteknya Pemilik kurang menyadari bahkan melakukan hal-hal yang berlawanan dengan itu. Salah satunya adalah tidak mencatat aktivitas keuangan perusahaan. Uang masuk dan keluar tidak memiliki di catat dengan baik. Sehingga pemilik tidak mengetahui berapa sebenarnya keuntungan perusahaan. Kebanyakan Pemilik beranggapan bahwa pembukuan belum perlu dilakukan karena perusahaannya baru mulai beroperasi. 

Mulailah Pembukuan Sekarang Juga

Dengan tidak adanya pencatatan, pemilik tidak akan memiliki informasi berapa dana yang sudah disetor ke perusahaan. Seringkali terjadi, perusahaan dapat berjalan meskipun minus karena Pemilik masih terus mensubsidi dengan uang pribadinya. Atau sebaliknya, dimana Pemilik terus mengambil Uang perusahaan untuk kepentingan pribadinya tanpa mencatat, sehingga kegiatan perusahaan akan terganggu.

Pembukuan Sederhana

Untuk Anda yang baru memulai Bisnis, secara sederhana pembukuan perusahaan dapat di mulai dengan menggunakan 3 (tiga) buah buku. Buku Pertama di gunakan untuk mencatat pendapatan (pemasukan) perusahaan, buku Kedua di gunakan untuk mencatat biaya (pengeluaran). Sementara Buku Ketiga digunakan sebagai Buku Pembantu yang digunakan sebagai gabungan dari buku ke satu dan kedua.

Buku ke satu dan kedua ini dapat di buat berupa kolom yang umumnya terdiri dari : Nomor urut -Tanggal - Subjek - Keterangan - Jumlah (Nominal) - Saldo

Metode ini juga di gunakan oleh Anda yang tidak faham Akuntansi dan belum memiliki staff pembukuan.

Pembukuan Yang Lebih Lengkap

Apabila bisnis Anda sudah berjalan baik, maka sebaiknya Anda meningkatkan metode Pembukuan Anda ke cara yang lebih lengkap. Metode ini memerlukan beberapa Buku yang di pakai untuk mencatat, diantaranya : buku Kas / Bank Masuk, Buku Kas / Bank Keluar, Buku Pembantu Hutang dan Piutang, Buku Besar, Neraca Saldo

Metode ini nantinya akan menghasilkan laporan Keuangan baik berupa Neraca, Rugi Laba maupun Arus Kas yang akan membantu Pemilik dalam menilai kinerja perusahaan.

Namun, metode ini memerlukan pemahaman Akuntansi yang cukup baik. Selain itu cara manual ini untuk menghasilkan Laporan Keuangan membutuhkan waktu yang lama, karena perlu memindahkan satu persatu transaksi yang ada di Buku Kas / Bank ke Buku Besar. Dengan cara manual ini terjadinya kesalahan saat melakukan pemindahan juga sangat besar.

Pakai Excell atau Spreadsheet

Selain Cara manual, Anda dapat menggunakan Excell atau Spreadsheet untuk Pembukuan Bisnis Anda. Namun cara ini memerlukan pengetahuan yang lebih tinggi di banding cara manual. Terutama dalam hal pemahaman rumus-rumus atau Function dalam Excell tersebut. 

Cara inipun membutuhkan waktu khusus dan orang yang khusus. Karena perlu pemahaman tentang rumus dan function menyebabkan tidak semua orang mampu mengerjakannya. Selain itu dengan cara ini, laporan keuangan tidak langsung dapat di peroleh. Peluang terjadinya kesalahan ataupun kekeliruan juga sangat besar yang dianataranya disebabkan ada rumus atau fungsi yang terhapus atau tanpa sengaja tertukar.

Pakai Software Akuntansi

Cara terakhir yang bukan saja sangat menghemat waktu, meminimalisir kesalahan namun juga telah menyediakan laporan yang sangat lengkap.

Masalah Harga Software?

Saat ini tersedia berbagai macam Software Akuntansi di pasaran yang harganya mulai dari belasan ribu sampai Jutaan Rupiah. Anda tinggal pilih yang sesuai dengan Budget perusahaan Anda.

Pastikan Ada Support dan Training

Mengingat Data Keuangan merupakan hal yang sangat Important dan Urgent bagi perusahaan, pastikan Software yang Anda pilih memiliki Support (After Sales Service) serta terdapat Training untuk membantu Anda memahami penggunaan Software tersebut.

Selain itu pastikan ada kemudahan dalam meng-upgrade Software Akuntansi tersebut seiring peningkatan aktivitas perusahaan.

Untuk mengetahui Panduan memilih Software yang Tepat bagi Bisnis Anda, silahkan klik : http://pusatsoftwareterbaik.blogspot.com/2010/03/panduan-memilih-software-akuntansi.html

Untuk itu, Mulailah Pembukuan Untuk Bisnis Anda Sekarang Juga.

Klik Judul Artikel untuk Baca Selengkapnya....

0 comments: